1shop’s Blog

November 20, 2008

Keguguran itu…

Filed under: Article, Kehamilan, Persalinan — 1shop @ 12:10 am

Kejadian setahun yang lalu, ketika kehamilan saya menginjak usia 3 bulan. Bayangan cerianya tawa si kecil menjadi pudar begitu saja saat pendarahan yang saya alami tak kunjung berhenti.

Saat itu saya sedang tugas keluar kota, kebetulan suamipun sedang tugas lebih jauh lagi ke luar jawa, tiba2 flek darah segar menetes begitu saja, saya pikir ah mungkin kecapekan saja, tapi ternyata 8 jam kemudian, flek2 itu tak kunjung berhenti, malah menjadi lebih banyak.. perut saya pun mulai terasa kaku, sakit menjalar sampai ke punggung. Sesampainya di tempat praktek dokter kandungan saya, pandangan saya langsung buyar, begitu dokter bilang “wah, sudah turun ini, sebentar lagi keluar”.. dokter memberikan resep obat untuk memperlancar proses pengguguran itu, tapi saya ga mau, saya pilih diresepin obat untuk memperkuat kandungan, meskipun saya tau itu tak akan berguna.

Begitu sampai di rumah, suami pun sudah saya telpon untuk mengikhlaskan calon buah hatinya. sedih rasanya.. sedih sekali. Saya menangis sampai akhirnya saya tertidur, dengan memandangi obat penguat kandungan yang baru saja saya tebus dari RS, kalau saja saya masih bisa menyelamatkannya.

Saya masih bertanya2 kenapa ini terjadi sama saya? apa karena riwayat endometriosis yang saya miliki, yang katanya bakal susah punya momongan. Dokter hanya bilang “kebanyakan keguguran disebabkan karena seleksi alam, mungkin saja bibitnya yang nggak bagus, jadi ada yang tidak sempurna saat pertumbuhannya”

Selanjutnya apa? dokter menyuruh saya untuk tes TORCH (Toksoplasma, Rubela, CMV, HSV), agar diketahui apakah ada yang positif dari hasil tes itu. Dan dokter pun menyarankan saya untuk mengosongkan rahim dulu paling tidak 3 bulan, agar kondisi rahim pulih dan siap untuk kehamilan selanjutnya.

Sejak kejadian itu saya rajin mencari2 informasi mengenai hal ini, agar tak terulang lagi. Sebenarnya, apa sih yang disebut keguguran itu?

Keguguran adalah pengeluaran hasil konsepsi pada kehamilan sebelum janin mampu untuk hidup, biasanya pada kehamilan 20-24 minggu.

Dan ternyata saya tak sendirian, karena persentase kemungkinan terjadinya kondisi ini cukup tinggi. Sekitar 15-40% angka kejadian, diketahui pada ibu yang sudah dinyatakan positif hamil, dan 60-75% angka keguguran terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 12 minggu. wow !!

APA SAJA TANDA-TANDANYA ?

Sebelum keguguran benar-benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada proses kehamilan. Nah, begitu Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, sebaiknya segera kunjungi dokter kandungan Anda.

· Perdarahan. Tanda keguguran yang paling umum dan sering terjadi ini bisa hanya berupa bercak-bercak yang berlangsung lama sampai perdarahan hebat (volume darahnya cukup banyak). Kadangkala, “serpihan” dari bagian jaringan yang robek, keluar bersamaan dengan darah. Misalnya, bagian dari jaringan dinding rahim yang terkoyak, atau kantung ketuban yang robek.

· Kram atau kejang pada perut, seperti yang biasa terjadi pada mereka yang terserang kram perut pada awal datang bulan. Umumnya, kram perut ini berlangsung berulang-ulang dan dalam periode waktu yang lama.

· Nyeri pada bagian bawah perut. Rasa nyeri ini biasanya cukup mengganggu dan terjadi dalam waktu cukup lama. Ada yang merasakannya sebagai kram atau kejang pada daerah panggul, sakit di sekitar perut, rasa sakit yang tak kunjung reda pada pada bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin. Keluhan ini biasanya baru muncul beberapa jam hingga beberapa hari setelah muncul gejala perdarahan.

KAPAN HARUS PERGI ke UGD

Anda perlu langsung pergi ke Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit jika mengalami tanda-tanda bahaya di bawah ini :

1. Perdarahan yang banyak, atau nyeri perut dan kontraksi yang hebat
2. Keluar flek atau perdarahan yang sudah berlangsung lebih dari 24 jam, dan Anda tidak dapat menghubungi dokter
3. Pingsan, atau merasa sangat pusing dan lemas
4. Perdarahan yang disertai demam di atas 38,5oC

APA SAJA YANG MENJADI PENYEBAB KEGUGURAN

1. Bila berasal dari janin, biasanya karena faktor kelainan kromosom (pembawa sifat di dalam inti sel yang diturunkan dari ayah dan ibu kepada anaknya). Ini dapat berupa kelainan bentuk atau jumlahnya yang tak sesuai.

2. Sedangkan kelainan yang berasal dari ibu umumnya diakibatkan karena kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, minum obat-obatan yang dapat membahayakan kandungan, atau terkena pengaruh radiasi serta polusi. Bisa juga akibat kondisi rahim yang kurang baik atau akibat pengaruh kadar hormonal yang kurang baik pada si ibu.

3. Blighted ovum: Walaupun dari pemeriksaan ultrasonografi (USG) terlihat tanda-tanda kehamilan di dalam rahim, namun embrio gagal berkembang sebagaimana mestinya.

4. Kehamilan ektopik: Sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim. Yang tersering adalah menempel di Tuba Falopii, sehingga tidak dapat berkembang karena kekurangan nutrisi. Tandanya antara lain nyeri perut dan perdarahan. Perdarahan akibat kehamilan ektopik sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa ibu.

5. Kehamilan mola atau kehamilan anggur: Pada keadaan ini, plasenta tidak terbentuk secara normal. Pada pemeriksaan USG dapat terlihat bukan janin yang berkembang, tetapi jaringan abnormal.

Perhatian lebih patut diberikan pada kejadian keguguran berulang. Keguguran berulang, tandas Kanadi, “Adalah keguguran sebanyak tiga kali atau lebih secara beruntun.” Penyebab terbesar pada keguguran berulang, tambah dokter dari Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UI, adalah terjadinya kelainan pada sistem pembekuan darah atau sistem kekebalan tubuh ibu, dan selanjutnya secara berurutan adalah akibat gangguan hormonal, kelainan bentuk rahim, dan kelainan kromosom.

WHAT NEXT?
Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan, bila Anda telah mengalami keguguran.

1. Beristirahatlah
Istrirahat berguna untuk mengurangi kelelahan fisik dan psikologis setelah dilakukan kuret. Kuret adalah pembersihan sisa-sisa jaringan yang ada dalam rahim. Menurut Kanadi, pemulihan fisik sangat bergantung pada usia kehamilan, atau ada tidaknya komplikasi saat tindakan. Umumnya,jika tidak terjadi komplikasi waktu pemulihannya antara satu hingga dua minggu. “Tidak perlu istirahat total di tempat tidur. Istirahat dapat diperpanjang sesuai saran dokter, bila ada gejala infeksi atau pendarahan setelah tindakan kuret. Sebaiknya lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Diharapkan, peredaran darah akan lancar dan bentuk rahim kembali normal seperti sediakala. Hanya saja, hindari aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan tenaga. Namun, bila ibu malas beraktivitas malah dapat memperlama masa pemulihan.

2. Lakukan komunikasi dengan pasangan
Komunikasikan dengan pasangan, apa rencana selanjutnya. Jangan tenggelam dalam kesedihan dan menyalahkan diri sendiri, karena belum tentu penyebabnya berasal dari ibu.

3. Merencanakan untuk hamil kembali
Para ahli memang merekomendasikan untuk menunggu paling tidak satu kali siklus haid sebelum mencoba untuk hamil kembali. Namun, setelah keguguran kesuburan akan segera datang dalam waktu antara dua hingga empat minggu. Hal ini berbeda dengan wanita yang baru melahirkan dan menyusui, di mana terjadi pengeluaran hormon prolaktin (hormon untuk menyusui) yang dapat menghambat kesuburan.

4. Lakukan pemeriksaan ke dokter
Bagi yang merencanakan kehamilan berikut, segera lakukan pemeriksaan ke spesialis kandungan. Terutama, untuk yang telah mengalami keguguran sedikitnya dua kali secara beruntun. Semakin sering terjadi keguguran berulang, maka risiko untuk keguguran pada kehamilan berikutnya cukup tinggi. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan bentuk rahim, serta mengevaluasi kondisi hormonal dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Yang tak kalah penting adalah melakukan wawancara demi mengetahui bila ada kelainan kromosom dari keluarga kedua belah pihak. Bila Anda baru sekali mengalami keguguran dan terjadi pada trimester pertama, umumnya penyebabnya adalah kelainan kromosom. Apabila diakibatkan karena kelainan jumlah kromosom, maka Anda tak perlu khawatir, karena kemungkinan untuk berulang tidaklah terlalu besar. Hal ini akibat kesalahan pembagian kromosom selama proses pembelahan sel saat pembuahan terjadi. Namun, apabila ditemukan kelainan bentuk kromosom, maka akan sulit untuk dilakukan perbaikan, sehingga keguguran dapat kembali berulang.

5. Memasang alat kontrasepsi
Jika Anda tak ingin cepat-cepat hamil lagi, segera pasang alat kontrasepsi. Bahkan, bila perlu langsung setelah kuret. Alat kontrasepsi dapat langsung dipasang atau diberikan seusai tindakan kuret, tak perlu menunggu hingga masa menstruasi tiba. Alat atau jenis kontrasepsi yang dapat diberikan setelah keguguran adalah Pil KB, KB suntik, susuk atau alat kontrasepsi dalam rahim (spiral).

6. Waspadai demam
Bila setelah kuret, ibu demam menggigil, sakit sekitar perut, kram atau sakit punggung, mengalami pendarahan berlebihan atau terdapat pengeluaran cairan dari vagina yang berbau busuk, segeralah kembali ke dokter. Jangan ditunda. Siapa tahu telah terjadi komplikasi.

FLEK YANG NORMAL

Tetapi tak semua flek itu tanda awal keguguran, ternyata pendarahan sering terjadi pada awal kehamilan dan sebagian dari wanita yang mengalami pendarahan selama trimester pertama kehamilan dapat tetap melanjutkan kehamilan serta melahirkan bayi yang sehat.

Flek darah yang dianggap normal adalah bila terjadi pada trimester pertama, jumlahnya sedikit dan tidak berlangsung lama (kurang dari 1 hari), serta tidak ada gejala lain.

Penyebabnya flek yang normal apa?
1. Melekatnya sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim. Hal ini normal pada kehamilan. Jumlah darah yang keluar sangat sedikit.
2. Perubahan hormon: Keluar flek yang disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil. Biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan, tetapi pada sebagian wanita dapat menetap sampai akhir kehamilan.

Berbekal semua itu, percayalah kita akan mampu mengatasi “kesedihan” akibat keguguran yang kita alami. Sadarlah bahwa kita harus terus melanjutkan hidup, karena masih banyak “tugas” menanti di depan. Bersiap2 untuk menyambut kehamilan selanjutnya.

ref :
http://en.wikipedia.org/wiki/Miscarriage
http://www.babycenter.com/0_understanding-miscarriage_252.bc
http://www.emedicinehealth.com/miscarriage/article_em.htm
http://www.balita-anda.indoglobal.com/balita_467_Apa_Sih_Keguguran.html
http://www.ayahbunda-online.com/info_ayahbunda/info_detail.asp?id=Kelahiran&info_id=870

Iklan

November 13, 2008

Pilih mana ? Minum Rumput Fatimah atau Diinduksi?

Filed under: Article, Kehamilan, Persalinan — 1shop @ 12:55 am

rumput fatimahRUMPUT FATIMAH (Labisa pumila) berdasarkan kajian atas obat-obatan tradisional di Sabah, Malaysia, tahun 1998, dikatakan mengandung bahan fitokimia, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi rahim dan akan menambah pendarahan yang terjadi (dikarenakan zat yang terkandung didalamnya menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah dan stres otot.

Yang jadi masalah, dosis kandungan fitokimianya tidak bisa diukur. Tumbuhan ini dipakai dengan cara akarnya direndam. Air rendaman inilah yang diminum. Semakin lama direndam, kadar zat fitokimia yang terlarut pun semakin pekat. Dosisnya bisa jadi berlipat2. Pada obat-obat modern, masalah variasi ini tidak terjadi. Semua bahan aktifnya jelas. Dosisnya pun terukur.

Minum jamu ala rendaman akar rumput fatimah ini akan menimbulkan masalah, jika pada proses persalinan itu, dokter juga memberikan obat modern yang merangsang kontraksi usus. Efeknya bisa dobel. Jika mulut rahim belum terbuka, efek kuat kontraksi ini bisa berbahaya. Risikonya bisa berupa rahim robek, perdarahan setelah melahirkan, atau bahkan kematian pada janin. Biasanya dokter tidak pernah mengijinkan penggunaan obat-obatan tradisional seperti ini.

Dikutip dari dr. Okky Oktafandhi, SpOG dari RS Internasional Bintaro, menyampaikan bahwa gara2 rumput fatimah ini beliau pernah mendapati rahim pasiennya sangat tipis, sedikit lagi malah mungkin harus diangkat, karena menyebabkan perdarahan terus menerus. Maka dari itu, beliau sangat menyarankan agar pasiennya tidak minum rumput fatimah menjelang persainan mengingat efeknya yang bisa jadi sangat berbahaya jika kita salah dalam dosis dan aturan meminumnya.

Begitu juga pendapat dr. L. Pieter, SpOG dari RS IMC Bintaro, mengatakan hal yang sama “masalahnya adalah kita, para dokter tak pernah bisa mengukur dosis yang tepat penggunaan rumput fatimah pada pasien”. Namun disamping statemennya itu beliau juga mengakui kehebatan khasiat ramuan tradisional ini. Dituturkan juga beliau pernah pengalaman menolong pasien yang mengalami pendarahan pasca persalinan luar biasa akibat meminum ramuan rumput fatimah ini.

Untuk mendapatkan rumput fatimah ini tidaklah sulit, biasanya para jemaah haji menyempatkan diri membeli ketika berziarah ke Jabal Uhud karena banyak dijual di sana dan harganyapun lebih murah, satu akar rumput fatimah dijual dengan harga antara 3 sampai 5 riyals tetapi kalau anda membelinya sudah di Mekah maka harganya bisa mencapai 7 sampai 10 riyals lagian rumputnya sedikit dan merupkan stock lama.

Penggunaan rumput fatimah selain sebagai ramuan memperlancar persalinan bisa juga sebagai pelancar haid, hal ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia, terlebih bagi masyarakat Dayak Iban di Pulau Kalimantan, perbatasan Indonesia dan Serawak. Masyarakat Dayak Iban biasanya memanfaatkan rumput fatimah ini dengan mengambil akarnya. Kemudian dicuci, dipotong-potong lalu direbus. Air rebusan akar rumput fatimah ini yang kemudian diminum untuk melancarkan kelahiran atau haid. Sehabis melahirkan, para perempuan Dayak Iban ini juga menggunakan daun sembong, yang kelihatan seperti gulma, untuk mandi. Daun sembong tersebut dibuang akarnya, dibersihkan dan kemudian direbus. Rebusan inilah yang digunakan untuk mandi sehingga tubuh terasa sejuk dan segar.

Berikut ini saya kutipkan beberapa pendapat para ibu yang berpengalaman dengan rumput fatimah :

A : Ngomong tentang mitos inget juga tentang rumput fatima, biasanya kalo melahirkan ada juga yg makan seduhan air ini. Pas aku lahiran dulu dr Nsusunya sempet tanya, ibu makan rumput fatima ga? Aku jawab tidak. Syukurlahkata meraka soalnya dr beberapa kasus mereka sering banget menangnagibleeding karena ternyata si pasien minum air rumput fatima ini. Penjelasannilmiahnya aku ga sempet tanya…mungkin dr n sps ada yg bisa kasih alesanlain..
lulu

B : Kalo nggk salah rumput fatima ini merangsang kontraksi, jadi baru boleh diminum bukaan 5 keatas (kalo nggk salah.. nih ya)Kalo sblmnya bisa bahaya soalnya perut kontraksi sdgkan bukaan blm lengkap… gitu ktnya…lho aku jg nggk tau pastinya
Kakak ku jg dulu pnh minum seduhan rumput fatima and minum lagi air aqua yg udah di doa2in deh ..pokoknya semuanya diminum (biasa,,,anjuran orgtua and kel) trus di induksi pula….jadi segala yg merangsang kontraksidikasih (dokter tentu ngk tau) Lahiran bayinya emang lgs jd lancar bgt.Tp…. udahannya 1 jam stlh melahirkan tiba2 kakakku pucat pasi and darah dah penuh di sekitar kasurnya. Lgs deh di transfusi segala. Gaktau sih…krn sblmnya minum seduhan rumput fatima atau itu atau bukan.Mungkin pengaruh jg dah dikasih rumput fatima, di induksi pula
Tp ada juga sih temenku yg minum air seduhan rumput fatima jadi lancar..
Tergantung kondisi kali ya….jaman dulu mgkn fungsi rumput fatima smdgn induksi.
Ratu

C : Sebaiknya jangan, kata dsog menimbulkan kontraksi palsu, alias belum saatnya kontraksi udah kontraksi duluan. Kalo pengen lancar sering2 jalan.saya waktu itu jg dikira minum rumput fatima ama susternya, krn usia kandungan belum genap 38 minggu sudah ke RS mau melahirkan, padahal enggak sama sekali. Sempet dikasih penahan kontraksi ama dokter, tp yg tetep saja emang sudah saatnya keluar kali, ya udah lancaarrr….pokoknya jangan males biarpun kandungan sudah besar, rajin ikut senam hamil & jalan kaki …
dykrst

D : Saya punya rumput fatimah. dan waktu melahirkan dulu, saya minum air rendamannya. dan memang terbukti itu mempercepat proses persalinan. saya mengalami ketuban pecah jam 7 pagi (kembar air kata orang jawa bilang, jadi air ketubannya keluar sedikit2) dan sampai sore masih terus pembukaan 1. Ibu saya dikasih sama tetangga saya rumput fatimah, terus saya minum air rendamannya. eh… jam 8.35 malam lahir deh ayu. barengan saya lahiran juga minum air itu. awalnya bayinya juga susah keluar, tapi setelah minum air itu, cepet lahir tuh. Beberapa teman saya yang juga minum air rumput fatimah itu proses melahirkannya cepat. Tapi, saya dipesan, kalau mau minum itu hanya setelah bukaan 1 atau lebih.
Terus terang selama ini saya juga penasaran, sebenarnya itu cuma mitos, atau memang rumput fatimah tu mengandung suatu zat yang mempercepat proses kelahiran atau bagaimana? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih. Amalia Ariendita

E : Rumputr fatima yg pasti bikin mules…
Dokter saya dulu tidak menyatrankan saya minum rumput ini, tapi namanyaorang tua maksa, kita jawab, malah dibilang sok tau, ya udah deh minum aja,itupun bidan sudah berkata dihadapan ibu saya, “terserah ibu kalo mo diminumboleh,.. tapi kalo saya yang melahirkan sih, saya gak akan minum” …akhirnya tak minum, daripada lagi stress, tambah stress dikecutin samaibuku.
setelah bukaan enam baru deh minum itu,… tadinya gak mules2 banget,..setelah itu jadi muleeeees banget,… wah wah gak ketulungan deh… tapi gakberarti jadi cepat bersalinnya, waktu itu saya bukaan 6 jam 5 sore, bukaansempurna jam 10 malam, Wira lahirnya baru jam 5 pagi, karena kepalanya belumturun2.
Jadi, terbukti, gak mempercepat yah…. cuma bikin mules
Pernah juga kejadian sama, tante saya, waktu dia melahirkan, dia dah siapinitu air rendeman rumput fatima di botol Aqua,.. pas mau bersalin jugadibawa, rencananya diminum disana,.. nah suaminya gak ngerti kalo itu airrumput fatima, karena haus, diminum deh itu air,..2 tetangga yg pada nganterjuga dikasih minum dari botol tersebut,… wah suami tanteku beserta 2tetangga, mules2 perutnya,… pas tante minta air rumput fatimanya mana,malah gak ada, si tante marah2 sama si om yg mules2.. hehehe.. jadi lucu’
Jadi mending gak usah aja deh.. nurut saran dokternya aja, kali yah. Tya

Kalau saya sendiri sih, lebih suka yang alami, kalo bisa malah sealami mungkin, tanpa rumput fatimah, tanpa induksi, mending disuruh jalan kaki ampe teler deh, tapi bagaimana dengan Anda ???

Ref:
http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2003/022/kes5.html
http://www.ayahbunda-online.com/info_ayahbunda/info_detail.asp?id=Kehamilan&info_id=807
http://dedysubandi.multiply.com/journal/item/80

November 5, 2008

Tips Agar Lancar Dalam Persalinan

Filed under: Article, Persalinan — 1shop @ 10:36 pm

Kehadiran buah hati memang merupakan hari yang dinanti2 oleh semua calon ibu di dunia ini, tapi tak sedikit pula calon2 ibu yang merasa was-was dan khawatir dalam menghadapi masa2 persalinan, bayangan proses yang amat sangat sakit, melelahkan dan kadang membuat trauma pada banyak ibu.

Ketika detik2 menjelang kelahiran anak pertama saya pun demikian, saya merasa sangat khawatir, sanggupkah saya melalui proses pertemuan dengan calon anak saya dengan sukses. Sampai-sampai saya menjadi susah tidur, mencari tahu kesana kemari mencari pengalaman2 melahirkan dari orang lain, kenapa ada orang yang susah proses persalinannya kenapa ada yang mudah. Semua saya baca, saya tanya, saya interogasi.. hehehe..

Berbekal dengan keyakinan yang mantap akhirnya saya pun alhamdulillah wa syukurillah bisa melalui proses persalinan dengan lancar dan alami. Sangat singkat, mulai dengan pembukaan 2 jam 15.00-an, masuk RS pembukaan 4 jam 20.00-an, dan tidak sampai 3 jam kemudian lahirlah anak saya. lahirnya pun tepat 40 minggu sesuai dengan umur kandungan.

Di sini saya ingin berbagi tips dengan Anda semua, bagaimana agar lancar dalam persalinan :

1. Berdoa

Yang paling utama adalah kekuatan doa, jangan lupakan yang satu ini. Mintalah doa restu terutama kepada Ibu yang melahirkan kita, ayah, suami, saudara, teman, semuanya.. Perbanyak istighfar dan doa-doa malam, karena bagaimanapun juga Allah lah yang membuat kehidupan. Dengan demikian tentunya kita jug akan merasakan ketenangan.

2. Meminta maaf kepada suami

Ini adalah tips dari ibu saya. Setiap kali saya menelpon minta doa agar dimudahkan persalinannya, ibu selalu bilang “Jangan lupa meminta maaf kepada suamimu, suamimu harus benar2 ridho sama kamu !!” sepertinya hal yang agak remeh ya, tapi entahlah, itu mungkin berpengaruh terhadap faktor psikologis juga.

3. Kualitas dan kuantitas jalan pagi / exercise

Dokter kandungan saya sudah menyarankan saya untuk mulai latihan jalan pagi dari mulai umur kehamilan 7 bulan. Caranya adalah bertahap, mulai dari 30 menit sehari, meningkat hingga 2 jam sehari sesaat menjelang persalinan. Special tips nya adalah lakukan jalan nonstop selama waktu yang ditentukan, jangan berhenti2 (jangan seperti shopping di mall, kebanyakan berhentinya daripada jalan kakinya, hehe.. 😀 ). Pagi hari sebelum kontraksi datang, saya masih sempat melakukan exercise ini selama 2 jam, eh malamnya sudah lahir. Latihan ini berfungsi untuk melenturkan otot2 yang berguna dalam proses persalinan, memang di akhir kehamilan rasanya berdiri saja sudah lelah, apalagi jalan kaki lama. Perut yang semakin membuncit membuat punggung terasa pegal, dan kakipun lebih berat untuk melangkah. Tapi dengan exercise yang rutin, rasa tak nyaman ini dapat diminimalisasi. Hal in iterbukti sangat bermanfaat dalam proses persalinan, seketika setelah persalinan selesai, saya tidak sedikitpun merasakan kelelahan.

4. Diet gula dan makanan berlemak

Pada usia akhir kehamilan ukuran tubuh janin dapat melesat dengan sangat cepat dibanding bulan2 sebelumnya. Mulai memasuki trimester ketiga, dokter akan memantau lebih intensif tentang perkembangan berat dan ukuran besar bayi. Di saat inilah ibu hamil diharapkan bisa melakukan diet gula dan makanan berlemak, karena gula akan sangat cepat menambah berat badan janin. Semakin besar ukuran janin, akan semakin susah melalui jalan lahir di rahim ibunya.

5. Relaksasi dan sugesti diri sendiri

Saya sempat membeli buku Hypnobirthing yang katanya bisa membuat persalinan tidak terasa sakit, tapi belum selesai saya membaca bukunya, ternyata anak saya sudah lahir, hehehe… Mungkin yang masih punya kesempatan bisa mempelajari teknik ini. Kuncinya ada pada kata relaksasi dan sugesti diri, sebisa mungkin kita harus mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa persalinan itu mudah, tidak sulit, dan tidak sakit, bayangkan hal-hal yang indah yang akan dilakukan bersama sang buah hati nantinya.

6. Senam hamil

Ikutilah latihan senam hamil seacra rutin, latihan ini sebenarnya sangat sederhana, namun sangat bermanfaat. Yang pasti disana akan berkumpul sesama ibu hamil yang rata2 usia kandungannya hampir sama, bisa asling sharing tentang segala macam keluhan kehamilan. Disana kita juga akan diajari latihan pernafasan, bagi saya sangat berguna, karena kita bisa membedakan bagimana menahan dorongan ingin mengejan, dan bagimana caranya mengejan yang benar saat pembukaan sudah sempurna.

7. Ramuan – ramuan alami

Saya pribadi jujur tidak pernah mengkonsumsi ramuan-ramuan tradisional yang dipercaya bisa mempercepat persalinan. Yang konon sering dipakai orang secara turun temurun adalah “rumput fatimah”. Kedahsyatan efek dari ramuan tersebut memang diakui kebenarannya oleh para dokter kandungan, tapi dianjurkan untuk tidak karena dokterpun tak pernah bisa mengukur dosis yang tepat untuk kita. Percaya saja pada mekanisme alami tubuh kita yang akan mengeluarkan janin dari rahim kita secara spontan. Akan lebih baik jika kita memperbanyak konsumsi makanan bergizi, agar punya tenaga saat mengejan nanti 🙂

8. Lebih intensif berhubungan seks dengan suami

Ini adalah resep yang sangat manjur dan dibenarkan oleh ilmu medis. Mengapa? Karena dalam sperma laki-laki terdapat hormon prostaglandin yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim secara alami. Tapi terkadang memang susah, suami merasa tak tega dengan kehamilan istrinya, dan sang istripun kurang mood karena kehamilannya yang sudah semakin besar. Diperlukan kerjasama yang bagus antara suami istri dalam hal ini… Kalau saya sendiri rela deh, daripada harus menelan sakitnya induksi buatan 😀

Ok, demikian tips dari saya, semoga sukses persalinannya…

Blog di WordPress.com.