1shop’s Blog

November 13, 2008

Pilih mana ? Minum Rumput Fatimah atau Diinduksi?

Filed under: Article, Kehamilan, Persalinan — 1shop @ 12:55 am

rumput fatimahRUMPUT FATIMAH (Labisa pumila) berdasarkan kajian atas obat-obatan tradisional di Sabah, Malaysia, tahun 1998, dikatakan mengandung bahan fitokimia, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi rahim dan akan menambah pendarahan yang terjadi (dikarenakan zat yang terkandung didalamnya menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah dan stres otot.

Yang jadi masalah, dosis kandungan fitokimianya tidak bisa diukur. Tumbuhan ini dipakai dengan cara akarnya direndam. Air rendaman inilah yang diminum. Semakin lama direndam, kadar zat fitokimia yang terlarut pun semakin pekat. Dosisnya bisa jadi berlipat2. Pada obat-obat modern, masalah variasi ini tidak terjadi. Semua bahan aktifnya jelas. Dosisnya pun terukur.

Minum jamu ala rendaman akar rumput fatimah ini akan menimbulkan masalah, jika pada proses persalinan itu, dokter juga memberikan obat modern yang merangsang kontraksi usus. Efeknya bisa dobel. Jika mulut rahim belum terbuka, efek kuat kontraksi ini bisa berbahaya. Risikonya bisa berupa rahim robek, perdarahan setelah melahirkan, atau bahkan kematian pada janin. Biasanya dokter tidak pernah mengijinkan penggunaan obat-obatan tradisional seperti ini.

Dikutip dari dr. Okky Oktafandhi, SpOG dari RS Internasional Bintaro, menyampaikan bahwa gara2 rumput fatimah ini beliau pernah mendapati rahim pasiennya sangat tipis, sedikit lagi malah mungkin harus diangkat, karena menyebabkan perdarahan terus menerus. Maka dari itu, beliau sangat menyarankan agar pasiennya tidak minum rumput fatimah menjelang persainan mengingat efeknya yang bisa jadi sangat berbahaya jika kita salah dalam dosis dan aturan meminumnya.

Begitu juga pendapat dr. L. Pieter, SpOG dari RS IMC Bintaro, mengatakan hal yang sama “masalahnya adalah kita, para dokter tak pernah bisa mengukur dosis yang tepat penggunaan rumput fatimah pada pasien”. Namun disamping statemennya itu beliau juga mengakui kehebatan khasiat ramuan tradisional ini. Dituturkan juga beliau pernah pengalaman menolong pasien yang mengalami pendarahan pasca persalinan luar biasa akibat meminum ramuan rumput fatimah ini.

Untuk mendapatkan rumput fatimah ini tidaklah sulit, biasanya para jemaah haji menyempatkan diri membeli ketika berziarah ke Jabal Uhud karena banyak dijual di sana dan harganyapun lebih murah, satu akar rumput fatimah dijual dengan harga antara 3 sampai 5 riyals tetapi kalau anda membelinya sudah di Mekah maka harganya bisa mencapai 7 sampai 10 riyals lagian rumputnya sedikit dan merupkan stock lama.

Penggunaan rumput fatimah selain sebagai ramuan memperlancar persalinan bisa juga sebagai pelancar haid, hal ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia, terlebih bagi masyarakat Dayak Iban di Pulau Kalimantan, perbatasan Indonesia dan Serawak. Masyarakat Dayak Iban biasanya memanfaatkan rumput fatimah ini dengan mengambil akarnya. Kemudian dicuci, dipotong-potong lalu direbus. Air rebusan akar rumput fatimah ini yang kemudian diminum untuk melancarkan kelahiran atau haid. Sehabis melahirkan, para perempuan Dayak Iban ini juga menggunakan daun sembong, yang kelihatan seperti gulma, untuk mandi. Daun sembong tersebut dibuang akarnya, dibersihkan dan kemudian direbus. Rebusan inilah yang digunakan untuk mandi sehingga tubuh terasa sejuk dan segar.

Berikut ini saya kutipkan beberapa pendapat para ibu yang berpengalaman dengan rumput fatimah :

A : Ngomong tentang mitos inget juga tentang rumput fatima, biasanya kalo melahirkan ada juga yg makan seduhan air ini. Pas aku lahiran dulu dr Nsusunya sempet tanya, ibu makan rumput fatima ga? Aku jawab tidak. Syukurlahkata meraka soalnya dr beberapa kasus mereka sering banget menangnagibleeding karena ternyata si pasien minum air rumput fatima ini. Penjelasannilmiahnya aku ga sempet tanya…mungkin dr n sps ada yg bisa kasih alesanlain..
lulu

B : Kalo nggk salah rumput fatima ini merangsang kontraksi, jadi baru boleh diminum bukaan 5 keatas (kalo nggk salah.. nih ya)Kalo sblmnya bisa bahaya soalnya perut kontraksi sdgkan bukaan blm lengkap… gitu ktnya…lho aku jg nggk tau pastinya
Kakak ku jg dulu pnh minum seduhan rumput fatima and minum lagi air aqua yg udah di doa2in deh ..pokoknya semuanya diminum (biasa,,,anjuran orgtua and kel) trus di induksi pula….jadi segala yg merangsang kontraksidikasih (dokter tentu ngk tau) Lahiran bayinya emang lgs jd lancar bgt.Tp…. udahannya 1 jam stlh melahirkan tiba2 kakakku pucat pasi and darah dah penuh di sekitar kasurnya. Lgs deh di transfusi segala. Gaktau sih…krn sblmnya minum seduhan rumput fatima atau itu atau bukan.Mungkin pengaruh jg dah dikasih rumput fatima, di induksi pula
Tp ada juga sih temenku yg minum air seduhan rumput fatima jadi lancar..
Tergantung kondisi kali ya….jaman dulu mgkn fungsi rumput fatima smdgn induksi.
Ratu

C : Sebaiknya jangan, kata dsog menimbulkan kontraksi palsu, alias belum saatnya kontraksi udah kontraksi duluan. Kalo pengen lancar sering2 jalan.saya waktu itu jg dikira minum rumput fatima ama susternya, krn usia kandungan belum genap 38 minggu sudah ke RS mau melahirkan, padahal enggak sama sekali. Sempet dikasih penahan kontraksi ama dokter, tp yg tetep saja emang sudah saatnya keluar kali, ya udah lancaarrr….pokoknya jangan males biarpun kandungan sudah besar, rajin ikut senam hamil & jalan kaki …
dykrst

D : Saya punya rumput fatimah. dan waktu melahirkan dulu, saya minum air rendamannya. dan memang terbukti itu mempercepat proses persalinan. saya mengalami ketuban pecah jam 7 pagi (kembar air kata orang jawa bilang, jadi air ketubannya keluar sedikit2) dan sampai sore masih terus pembukaan 1. Ibu saya dikasih sama tetangga saya rumput fatimah, terus saya minum air rendamannya. eh… jam 8.35 malam lahir deh ayu. barengan saya lahiran juga minum air itu. awalnya bayinya juga susah keluar, tapi setelah minum air itu, cepet lahir tuh. Beberapa teman saya yang juga minum air rumput fatimah itu proses melahirkannya cepat. Tapi, saya dipesan, kalau mau minum itu hanya setelah bukaan 1 atau lebih.
Terus terang selama ini saya juga penasaran, sebenarnya itu cuma mitos, atau memang rumput fatimah tu mengandung suatu zat yang mempercepat proses kelahiran atau bagaimana? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih. Amalia Ariendita

E : Rumputr fatima yg pasti bikin mules…
Dokter saya dulu tidak menyatrankan saya minum rumput ini, tapi namanyaorang tua maksa, kita jawab, malah dibilang sok tau, ya udah deh minum aja,itupun bidan sudah berkata dihadapan ibu saya, “terserah ibu kalo mo diminumboleh,.. tapi kalo saya yang melahirkan sih, saya gak akan minum” …akhirnya tak minum, daripada lagi stress, tambah stress dikecutin samaibuku.
setelah bukaan enam baru deh minum itu,… tadinya gak mules2 banget,..setelah itu jadi muleeeees banget,… wah wah gak ketulungan deh… tapi gakberarti jadi cepat bersalinnya, waktu itu saya bukaan 6 jam 5 sore, bukaansempurna jam 10 malam, Wira lahirnya baru jam 5 pagi, karena kepalanya belumturun2.
Jadi, terbukti, gak mempercepat yah…. cuma bikin mules
Pernah juga kejadian sama, tante saya, waktu dia melahirkan, dia dah siapinitu air rendeman rumput fatima di botol Aqua,.. pas mau bersalin jugadibawa, rencananya diminum disana,.. nah suaminya gak ngerti kalo itu airrumput fatima, karena haus, diminum deh itu air,..2 tetangga yg pada nganterjuga dikasih minum dari botol tersebut,… wah suami tanteku beserta 2tetangga, mules2 perutnya,… pas tante minta air rumput fatimanya mana,malah gak ada, si tante marah2 sama si om yg mules2.. hehehe.. jadi lucu’
Jadi mending gak usah aja deh.. nurut saran dokternya aja, kali yah. Tya

Kalau saya sendiri sih, lebih suka yang alami, kalo bisa malah sealami mungkin, tanpa rumput fatimah, tanpa induksi, mending disuruh jalan kaki ampe teler deh, tapi bagaimana dengan Anda ???

Ref:
http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2003/022/kes5.html
http://www.ayahbunda-online.com/info_ayahbunda/info_detail.asp?id=Kehamilan&info_id=807
http://dedysubandi.multiply.com/journal/item/80

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: